STUDI BANDING

  • November 27, 2017
  • By Muhammad Barli Al-Muflih
  • 0 Comments


Rancaekek-Bandung
Sebuah kesempatan yang sangat baik, saya beserta teman-teman Guru dari utusan Pendidik PAUD Pemerintah Kota Padang Panjang yang dalam hal ini dikomandoi oleh Kabid PLS (Pendidikan Luar Sekolah) Kota Padang Panjang yakni Ibu Tismaria, MM mulai tanggal 20-24 November 2017 dapat berkunjung ke TK ALAM Pelopor Rancaekek di Kota Bandung. Studi Banding kali ini menjadi moment yang sangat indah, mengingat selain bertujuan untuk belajar dan menggali ilmu. Moment ini juga kami manfaatkan untuk bersilaturahmi antar pendidik karena sekitar 30-an lebih jumlah kami yang berangkat dalam rangka studi banding ini. Sayang jika tidak dimanfaatkan untuk kebaikan, betul kan ?. Kegiatan ini menjadi kebahagiaan tersendiri dan arti yang sangat bermakna antara kami teman-teman Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di lingkungan Kota Padang Panjang karena jujur moment seperti ini jarang-jarang terjadi.

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kami menyadari kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya. Banyak hal yang kami dapatkan dari kegiatan studi banding ini, misalnya dari segi kurikulum dimana sekolah alam memiliki kekhasannya tersendiri, konsep bangunan, proses pembelajaran dan penilaian maupun suasana yang sangat asri karena terletak jauh dari pusat perkotaan.

Beruntung dan bersyukur kami teman-teman Guru yang terpilih dalam rangka studi banding kali ini mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. Pak Dewamus (Dedi Wahyudi Mustofa) selaku Pendiri Sekolah Alam Pelopor Bandung mengatakan bahwa Studi Banding adalah pendekatan yang paling efektif dalam meningkatkan mutu dan kualitas guru pada sebuah lembaga sekolah. Selain itu kita mengetahui bersama bukan bahwa tujuan studi banding itu diantaranya adalah:
1.  Menambah wawasan kita tentang tempat lain.
2.  Menimba pengalaman baru di ditempat lain.
3.  Membandingkan tempat kita dengan tempat lain.
4.  Menambah cakrawala berfikir kita.
5.  Meningkatkan kompentensi, mutu dan kualitas kita.

Berharap kegiatan ini memberi dampak yang besar bagi perkembangan dan kemajuan sekolah tempat kami berkarya. Hal yang terpenting dalam hal ini adalah menambah kemampuan kami sebagai pendidik dalam mengenali kebutuhan sekolah dan kebutuhan peserta didik sehingga selalu dapat memberikan kontribusi maupun perubahan dari waktu ke waktu. Amin !

           


You Might Also Like

0 komentar