Pelatihan Pendidikan Karakter

  • Desember 14, 2017
  • By Muhammad Barli Al-Muflih
  • 0 Comments


Pelatihan Karakter-IHF

Siapa pun mengetahui dengan sangat gamblang bahwa masalah karakter di Zaman Now ini sungguh menjadi perhatian yang cukup besar bagi kita selaku pendidik apakah orang tua maupun guru, betul ya begitu?. Wajar saja kita selaku pendidik menjadi sangat risau, khawatir dan takut melihat anak-anak didik kita pada saat sekarang ini begitu menyimpang dari nilai-nilai kebaikan yang sudah  disyariatkan oleh agama maupun apa yang digariskan oleh adat istiadat kita berupa nilai-nilai moral dan sosial yang kita yakini keberadaannya.

Maka tidak heran saat ini pemerintah menggalakkan pendidikan karakter untuk masyarakatnya salah satunya dengan menghadirkan kurikulum 2013 yang berpusat pada anak dan penilaian sikap dalam rangka menumbuhkan karakter seluruh peserta didik di sekolah. Selain itu beberapa lembaga independen pun turut mengambil andil dalam pembentukan karakter peserta didik dalam rangka kemajuan bangsa ini. Senin s/d rabu tanggal 11-13 Desember 2017 saya berkesempatan mengikuti Pelatihan Holistik Berbasis Karakter-PHBK yang dilaksanakan oleh IHF (Indonesia Heritage Foundation) di Gedung Aula STIKES Fort De Kock Bukit Tinggi. Ini menentukan bahwa pendidikan karakter pada masa-masa ini sangat perlu dikembangkan dan diterapkan. 

Saya sangat menghargai wujud kepedulian pemerintah dalam melakukan perbaikan demi perbaikan pada dunia pendidikan seperti merubah kurikulum misalnya selama itu baik dan memberikan pengaruh yang besar bagi kemajuan bangsa. Begitu pun lembaga-lembaga independen lainnya yang turut serta dalam meningkatkan nilai-nilai karakter demi kemajuan bangsa yang merupakan pekerjaan kita bersama. Sehingga atas dasar itulah saya bersama tim mendirikan Lembaga Pengembangan Karakter Sumber Daya Insani (LPK.SDI) yang berfokus pada pengembangan karakter dengan model MKI-ManajemenKarakter Islami.

Sejujurnya saya sangat menyadari bahwa masalah karakter bangsa bukan hanya tugas pemerintah tapi merupakan tugas kita bersama. Tugas saya, Anda dan kita semuanya terutama sebagai pendidik. Mari sama-sama kita bersatu dan saling bekerjasama dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai karakter masyarakat indonesia dengan segala upaya baik pikiran dan perbuatan kita menuju indonesia yang berkarakter. Sehingga hal inilah yang membuat saya dan teman-teman lainnya memiliki cita-cita untuk Indonesia yang kami namakan dengan Indonesia Beruntung.

Semoga Allah selalu memberikan kekuatan untuk kita bersama dalam mengembangkan karakter generasi-generasi kita di masa yang akan datang. Kita menyadari tanpa bantuan-Nya kita tidak akan sampai pada tujuan yang kita cita-citakan. La Haula wala Quwwata illa Billah.

           



You Might Also Like

0 komentar